Sukses

Parenting

Efek Samping Konsumsi Fenugreek

Fenugreek adalah sejenis tanaman herbal yang berfungsi untuk menstimulasi produksi air susu pada ibu menyusui. Ekstrak fenugreek banyak dipakai terutama di beberapa kawasan Aisa dan Eropa. Namun, ada efek samping bagi pengguna fenugreek ini. Apa efek sampingnya bagi Anda? Simak informasi berikut ini!

• Gangguan Pencernaan
Jika Anda mengonsumsinya lebih dari takaran 100 gram per hari, Anda akan mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare yang juga mengakibatkan utrunnya nafsu makan. Diare yang kronis akan diiringi oleh kram perut dan tentunya meningkatkan resiko dehidrasi.

• Perubahan Warna Urin
Urin pun akan sedikit berubah saat Anda mengonsumsi fenugreek. Urin Anda akan berwarna lebih gelap dan berbau mirip seperti sirup maple. Jika perubahan urin ini berlangsung lama, segera konsultasi pada dokter. Karena perubahan urin ini juga terjadi pada orang yang terkena sebuah penyakit yang umumnya disebut "maple syrup urine disease."

• Reaksi Alergi
Alergi ini dapat terjadi pada ibu yang meminum fenugreek meski kasusnya sangat langka ditemui. Menurut livestrng.com, beberapa gejalan alergi yang biasanya timbul adalah bercak merah di kulit yang gatal, kesulitan bernafas, dan wajah yang membengkak. Tidak hanya Anda, bayi Anda pun bisa terkena dampaknya. Segera konsultasi dokter, karena efek alergi ini dapat menyebabkan resiko kematian, terutama alergi yang juga mengena pada bayi Anda.

• Kontraindikasi
Jika Anda akan mengonsumsi fenugreek, hendaknya Anda mengonsultasikannya ke dokter. Jika Anda hamil, maka Anda dilarang meminum fenugreek, karena suplemen ini dapat menstimulasi kontraksi dan memicu kelahiran prematur. Fenugreek dapat menyebabkan masalah pembekuan darah dan merendahkan kadar gula Anda.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading