Sukses

Parenting

Penyembuhan Pasca Melahirkan dan Efeknya Ketika Menyusui I

Seusai melahirkan si kecil, anda pasti akan dihadapkan dengan proses penyembuhan. Beberapa jenis obat akan anda konsumsi untuk memperbaiki kondisi tubuh pasca melahirkan. Namun, apakah obat-obatan yang anda konsumsi aman bagi bayi anda yang sedang menyusu?

Jika anda khawatir obat-obatan pasca melahirkan dapat berefek samping bagi si kecil, anda dapat memilih untuk mengonsumsi ibuprofen acetaminophen. Kedua obat ini terbukti dapat menyembuhkan luka dan menghilangkan nyeri pasca melahirkan tetapi tidak berbahaya bagi bayi yang minum ASI.

Menurut babyzone.com, sebaiknya hindari aspirin serta naproxen yang dapat menimbulkan beberapa efek samping pada bayi yang minum ASI. Jika anda melakukan operasi Caesar dan mengonsumsi morfin serta codeine, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai jumlah aman yang boleh dikonsumsi ketika menyusui.

Selain menggunakan obat-obatan untuk penyembuhan pasca melahirkan, anda juga dapat beristirahat selama enam minggu untuk menghindari stres. Banyak-banyaklah beristirahat agar anda segera dapat mengembalikan kondisi tubuh seperti semula dan dapat beraktivitas kembali secara normal.

Selain itu, mintalah bantuan suami atau keluarga untuk membersihkan rumah, mengangkat benda berat serta mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya. Mereka pasti akan mengerti bahwa anda sangat membutuhkan bantuan dan akan dengan senang hati membantu anda.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading