Sukses

Parenting

Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil

Sakit punggung merupakan hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Hal ini merupakan sangat wajar. Namun jika tidak diperhatikan tentunya juga akan menjadi masalah yang cukup serius.

Setelah merasakan sakit pada punggung tentunya ibu hamil berharap bisa segera terlepas dari rasa menyiksa tersebut. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum menuju ke bagaimana cara penanganan masalah tersebut yaitu penyebab dari sakit punggung. Untuk mengetahuinya, webmd.com pun telah menyediakan sejulah penyebab terjadinya sakit punggung pada ibu hamil.

Hal pertama tentu saja bertambahnya berat badan. Dengan pertambahan berat badan ini akan memberikan penekanan yang cukup signifikan terhadap saluran darah dan juga pelvis pada punggung. Hal inilah yang akan menyebabkan sakit punggung di bagian bawah.

Hal kedua adalah perubahan postur tubuh. Dengan adanya perubahan postur ini tentunya akan membuat pusat gravitasi berpindah yang akhirnya menyebabkan sakit punggung. Ketiga jelas perubahan hormone. Perubahan ini menyebabkan adanya perenggangan pada ligament yang menyebabkan sakit punggung.

Keempat adalah adanya pemisahan pada otot. Seiring berkembangnya janin maka otot pun juga akan semakin merenggang. Perenggangan ini biasanya akan berada pada tulang rusuk hingga tulang kelamin yang menyebabkan adanya rasa sakit di punggung.

Kelima tentu saja stress yang dirasakan. Rasa stress yang dialami akibat adanya perubahan hormon yang memengaruhi mood akan membuat terasa sakit.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading