Sukses

Parenting

Fakta dan Mitos Seputar Gangguan Mata

Apakah Anda sering mendengar mitos atau asumsi yang kurang tepat tentang gangguan pengelihatan pada anak? Yuk, simak beberapa mitos dan fakta seperti yang didapat dari kidshealh.org berikut!

Pernahkah Anda mendengar bahwa wortel dapat menyembuhkan gangguan pengelihatan? Memang benar bahwa wortel kayak akan kandungan vitamin A yang baik untuk mata sama halnya dengan apricot, susu, dan lain-lain. Diet yang seimbang pun juga dapat memberikan vitamin A yang dibutuhkan untuk pengelihatan yang bagus. Nah, jadi jangan persempit pandangan Anda bahwa vitamin A hanya terdapat di wortel saja, masih banyak kok lainnya.

Berikutnya, pernahkah Anda mendengar bahwa penggunaan computer dapat merusak mata? Penggunaan computer tak akan merusak mata. Akan tetapi, jika Anda memakainya dalam waktu yang cukup lama, mata akan semakin jarang berkedip saat menatap layar monitor. Hal tersebut sama halnya jika kita membaca terlalu lama. Itulah yang membuat mata menjadi kering sehingga penyebabkan mata terasa lelah. Jadi, buat buah hati Anda sering sesekali mengistirahatkan matanya saat ia sedang browsing di Internet atau sedang bermain game.

Nah, ada juga yang menyatakan bahwa jika kedua orang tua anak memiliki mata yang biru, mereka dapat melahirkan anak dengan bola mata berwarna coklat. Memang hal tersebut pernah terjadi, tapi jarang sekali.

Yang terakhir, apakah Anda memiliki anak perempuan? Anda masih perlu waspada walau banyak yang bilang hanya anak laki-laki lah yang bisa buta warna. Faktanya, 8% anak laki-laki bisa mengalami buta warna sementara 1% anak perempuan juga bisa mengalami buta warna. Jadi, masih mau leha-leha dan tak memeriksakannya pada dokter mata?

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading