Sukses

Parenting

Menyusui Bayi Kembar? Siapa Takut?

Bunda berencana menyusui lebih dari satu bayi karena memiliki bayi kembar? Tidak perlu khawatir karena ASI memang sangat dibutuhkan adik bayi, walaupun sudah banyak sekali susu formula yang dijual bebas dipasaran.

Jika Bunda telah memutuskan menyusi bayi kembar Bunda, selamat! Menyusui akan memberikan banyak manfaat bagi Bunda dan buah hati. Namun, menyusui bayi kembar Bunda memang sangat menantang. Lalu, apa manfaat dari menyusui bayi kembar?

Menurut staff Mayo Clinic yang dilansir mayoclinic.com, ASI mengandung keseimbangan nutrisi yang tepat untuk buah hati Bunda. Antibodi dalam ASI akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. ASI juga memiliki manfaat khusus bagi bayi yang terlahir prematur, sama seperti anak kembar yang biasanya terlahir prematur.

ASI lebih mudah dicerna dari pada susu formula, terutama untuk bayi prematur yang memiliki berat badan lebih kecil, dan perut dan usus yang kurang sempurna. Jika awalnya adik bayi belum bisa minum susu langsung dari Bunda pada, Bunda bisa memerah atau memompa ASI lalu diberikan kepada adik bayi dengan botol.

Selain manfaat kesehatan bagi bayi yang baru lahir, menyusui mungkin merupakan cara yang paling nyaman dan paling penting untuk memenuhi asupan gizi bayi. Dan fakta menunjukan bahwa menyusui dapat membantu menurunkan berat badan Bunda setelah melahirkan.

Nah, tunggu apa lagi Bunda? Tak perlu bingung lagi untuk menyusui bayi kembar bukan?

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading