Sukses

Parenting

Mengetahui Masa Subur Melalui Suhu Tubuh

Menurut www.womenshealth.gov, dengan mengetahui masa subur, Anda akan terbantu ketika Anda merencanakan kehamilan. Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur Anda, salah satunya adalah dengan mengukur suhu dasar tubuh Anda.

Suhu tubuh dasar Anda merupakan suhu tubuh ketika Anda bangun di pagi hari. Suhu tubuh wanita akan sedikit meningkat seiring dengan berlangsungnya masa ovulasi. Dengan kata lain, dengan mencatat perubahan suhu tubuh Anda setiap hari selama beberapa bulan, Anda akan dapat memprediksikan masa paling subur Anda.

Suhu tubuh dasar pada umumnya berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya, di antara 96-98 derajat Fahrenheit sebelum pembuahan. Setelah pembuahan, kebanyakan wanita akan memiliki suhu tubuh antara 97-99 derajat Fahrenheit. Kenaikan suhu tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkala.

Anda kemungkinan berasa pada masa paling subur dan kemungkinan besar dapat hamil ketika Anda berada pada 2-3 hari sebelum suhu tubuh Anda mencapai titik tertinggi (ketika masa ovulasi) dan ketika 12-24 jam setelah pembuahan.

Sperma laki-laki dapat bertahan hidup hingga 3 hari di dalam tubuh wanita. Sperma dapat membuahi telur kapanpun selama masa itu. Jadi, jika Anda berhubungan suami istri tanpa ‘perlindungan’, kemungkinan besar Anda dapat hamil.

Yang perlu Anda perhatikan ketika Anda melakukan penghitungan ini, hindari hal-hal yang dapat mengubah suhu tubuh Anda di pagi hari. Hal-hal tersebut antara lain adalah mengkonsumsi alkohol atau merokok di malam hari, kurang tidur malam, deman, dan melakukan apapun di pagi hari sebelum Anda melihat suhu tubuh Anda, termasuk ke kamar mandi atau berbicara di telepon.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading