Sukses

Parenting

Siapa Yang Berpeluang Besar Mengalami Depresi Saat Hamil?

Semua ladies yang sedang hamil berpeluang untuk mengalami depresi selama dalam masa kehamilan. Perubahan hormonal yang cepat dan memicu timbulnya depresi tidak bisa dihindari. Namun tahukah ladies bahwa beberapa ibu hamil berpeluang untuk mengalami depresi yang lebih berat daripada ibu hamil pada umumnya?

Dikutip dari babycenter.com, berikut ini adalah beberapa golongan ibu hamil yang beresiko mengalami depresi yang berat selama dalam masa kehamilan.

1.    Ibu hamil yang pernah mengalami depresi. Depresi di masa lalu yang dialami oleh ibu hamil dapat meningkatkan resiko depresi berat saat wanita tersebut hamil.

2.    Ibu hamil yang mengalami masalah dengan pasangan.  Pertengkaran dengan pasangan yang tak kunjung mereda pada masa kehamilan bisa memperburuk depresi yang dialami oleh ibu hamil.

3.    Ibu hamil yang pernah mengalami keguguran. Keguguran yang pernah dialami oleh ibu hamil pasti meninggalkan trauma. Ibu hamil yang pernah mengalami keguguran akan sangat berhati-hati pada kehamilannya sekarang agar keguguran tidak terjadi lagi. Trauma dan kehati-hatian inilah yang menjadi penyebab depresi.

4.    Ibu hamil yang kesehatan kandungannya kurang baik. Kehamilan yang bermasalah akan menimbulkan kecemasan dan ketakutan akan keguguran maupun kelahiran premature.

5.    Ibu hamil yang hidupnya penuh masalah. Permasalahan hidup seperti masalah keuangan maupun pekerjaan dapat meningkatkan resiko depresi pada ibu hamil.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading