Sukses

Parenting

ASI Lindungi Bayi dari Berbagai Infeksi

Air susu ibu atau ASI telah diteliti dan dikenal memiliki kandungan antibodi yang cukup tinggi dan baik bagi bayi. Kita semua tahu bahwa bayi yang baru dilahirkan masih rentan terhadap kondisi lingkungan sekitar. Ia mudah terkena infeksi dan mudah sakit.

Oleh sebab itu, ia membutuhkan antibodi untuk melindunginya dari serangan bakteri dan virus. Seperti dilansir oleh naturalnews.com, ASI merupakan sumber proteksi bayi dari infeksi. Bayi yang diberi ASI secara eksklusif oleh ibunya selama enam bulan setelah dilahirkan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap berbagai macam infeksi.

Mereka memiliki resiko rendah untuk terkena infeksi pernapasan, infeksi telinga, bahkan infeksi pada sistem pencernaan. Penelitian yang dilakukan mengikutsertakan 926 bayi yang berumur lebih dari dua belas bulan.

Yang cukup mengagumkan adalah menyusui bayi secara eksklusif selama enam membuatnya terlindung dari berbagai jenis infeksi pada kurun waktu 12 bulan tersebut. Mereka lebih aktif dan lebih sehat. Dibandingkan dengan memberikan ASI secara parsial, efek perlindungan yang didapat cukup berbeda.

Bahkan ada kecenderungan bahwa susu formula malah mengurangi imunitas bayi terhadap virus dan bakteri sehingga efek imun yang diberikan oleh ASI dihalangi oleh perusakan imun dari susu formula.

Tidak hanya melindungi dari infeksi yang kecil, tetapi studi sebelum ini telah menunjukkan keunggulan ASI mencegah infeksi meningitis pada bayi. Efeknya juga dapat bertahan hingga beberapa tahun setelah mereka berhenti menyusui. Kalau ingin bayi sehat, beri ASI yang cukup ya, Ladies.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading