Sukses

Parenting

Mengurangi Nyeri Punggung Pada Trimester Kedua

Merasakan nyeri dan sakit pada bagian punggung adalah hal yang sangat normal untuk dialami seorang ibu hamil, terutama menjelang trimester kedua. Buah hati anda dalam kandungan tengah tumbuh dan berkembang dan menambah berat badannya. Berat badan tambahan yang ada dalam kandungan anda inilah yang memberikan tekanan pada otot belakang punggung dan memicu rasa sakit dan nyeri pada punggung anda, Ladies.

Meskipun tidak terlalu parah, seringkali ini mengganggu ketika anda harus beraktivitas, bahkan bisa mengganggu ketika anda tidur. Lalu, bagaimana mengurangi rasa tidak nyaman ini, Ladies?

Berikut tips dari mayoclinic.com:

Sesuaikan Sepatu dan Pakaian Anda
Memakai baju yang ringan dan tidak memberikan tekanan pada tubuh anda bisa membantu anda, Ladies. Selain itu, memakai sepatu berhak rendah, bisa membantu anda mendapatkan postur yang lebih baik untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat otot punggung yang tertarik.

Lakukan Aktivitas Secukupnya
Ketika anda hamil, tubuh anda memberikan sejumlah batasan pada anda, Ladies. Berhati-hatilah bila anda harus mengangkat sesuatu. Jongkok dan gunakan kekuatan kaki untuk mengangkat sesuatu. Jangan memberikan tekanan pada tubuh dengan mengangkat dengan kekuatan tangan atau bahkan mengandalkan otot punggung.

Berbaring Dengan Benar
Ketika tidur dan berbaring, menghadap ke samping lebih disarankan daripada tidur terlentang. Menekuk lutut dan menggunakan bantal atau guling di antara kedua kaki atau kedua kaki akan menambah kenyamanan yang anda seringkali tidak bisa merasakan ketika tidur.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading