Sukses

Parenting

Menyapih Bayi Anda dari ASI dan Susu Botol Sekaligus

Akan tiba saatnya anda harus menghentikan pemberian ASI bagi bayi anda. Alasan-alasan mengapa anda harus menghentikan pemberian ASI sangat banyak dan salah satunya adalah bayi anda sudah cukup besar untuk tidak meminum ASI lagi.

Seperti yang diketahui oleh banyak orang, ASI sebaiknya diberikan kepada bayi anda hingga usia bayi anda tersebut menginjak 2 tahun. Hal ini berarti, pada saat itu, bayi anda sudah harus bisa lepas dari ASI dan menggantinya dengan susu formula dan makanan-makanan bayi yang lain.

Seperti yang dikemukakan dalam wikihow.com, proses penyapihan dari ASI ini juga bisa digunakan oleh ibu untuk menyapih bayinya dari meminum susu dari botol. Hal ini dianjurkan utntuk dilakukan agar anda bisa seperti sebuah pepatah yang berbunyi sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Anda bisa menyapih anak anda dari air susu anda dan juga membiasakan mereka minum susu dari gelas, bukannya botol lagi.

Hal ini dilakukan karena jika anak anda sudah berhenti meminum ASI tetapi tetap meminum susu formula dari botol, gigi merekalah nantinya yang akan terkena akibatnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa bayi yang terus meminum susu formula dari botol setelah usianya menginjak satu tahun memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki permasalahn yang berhubungan dengan gigi. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah kerusakan pada gigi.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading