Sukses

Parenting

Seberapa Banyak sih Porsi Makan Anak Anda?

Jenis makanan yang dikonsumsi memang memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan. Misalnya, Anda memberikan makanan instan kepada buah hati Anda, ia akan mengalami beberapa masalah seperti kekurangan nutrisi penting bagi tubuh.

Tapi ternyata tidak hanya itu, porsi makanan yang dikonsumsi juga dianggap berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, lho. Seperti yang dikutip dari healthychildren.org, porsi makanan yang diperlukan oleh anak-anak juga menentukan kondisi kesehatannya.

Apakah buah hati Anda sudah makan secukupnya? Atau jangan-jangan buah hati Anda malah kekurangan makan atau bahkan kelebihan. Ini bisa menjadi masalah juga.

Karena itulah, jangan hanya memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam mulut saja. Namun perhatikan pula porsi yang masuk dalam perut si kecil. Yang perlu Anda ingat, porsi mereka tentunya berbeda dengan porsi orang dewasa.

Selain itu, semakin usia mereka bertambah, biasanya porsi makan juga akan bertambah sesuai dengan kebutuhan mereka untuk beraktivitas. Dengan begini, anak usia 5 tahun akan memiliki porsi makan yang berbeda dengan anak usia 15 tahun.

Sayangnya untuk menentukan seberapa banyak porsi yang harus masuk masihlah sulit. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa hal seperti menyajikan beberapa jenis makanan di piring mereka. Bukan berarti harus ada nasi goreng dan bakmi goreng dalam satu piring, melainkan sayuran, lauk, dan nasi pada satu piring.

Selain itu, biasakan untuk makan pelan-pelan agar mereka dapat merasakan seberapa banyak yang mereka butuhkan. Dengan begini, Anda akan mengurangi resiko obesitas pada anak. Pastinya ajak mereka untuk makan bersama agar Anda juga dapat mengontrol nafsu makan mereka.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading