Sukses

Parenting

Peralatan Makan untuk Anak dari Melamin

Jika Bunda masih membutuhkan 1 alasan mengapa memberikan susu eksklusif kepada buah hati sangat penting, inilah salah satu alasannya. Sudah ada 4 bayi meninggal dan ribuan lainnya sakit akibat melamin yang ditemukan pada susu formula yang mereka konsumsi.

Setelah kejadian itu, muncul berbagai keraguan terhadap produk yang menggunakan melamin. Sekarang orang lebih banyak bertanya, apakah peralatan makan dari melamin aman?

Karena terbuat dari zat formaldehyde, penggunaan melamin untuk perlatan makan masih diragukan. Dijelaskan lebih lanjut pada eco-chick.com bahwa zat formaldehyde merupakan salah satu penyebab alergi dan asma pada anak – anak.

Meskipun pada beberapa penelitian dinyatakan bahwa formaldehyde pada alat makan yang terbuat dari melamin tidak bisa begitu saja berpindah kedalam makanan, bukankah terlalu riskan mengambil resiko tersebut?

Dijelaskan lebih lanjut bahwa formaldehyde dan zat kimia lain pada perabotan yang terbuat dari melamin akan berpindah kedalam makanan karena beberapa keadaan. Keadaan yang dimaksudkan salah satunya adalah penggunaan peralatan melamin pada microwave atau oven. Selain hal itu, melamin aman bagi kesehatan.

Nah Bunda, pemakaian melamin hanya sebagai alat makan dijelaskan tidak akan membuat zat – zat kimia di dalam perlatan berpindah, namun, tidak menutup kemungkinan bahwa makanan panas pada melamin tidak menyebabkan reaksi apa – apa. Sekarang Bunda yang tentukan, ingin tetap memakai peralatan dari melamin atau tidak.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading