Sukses

Parenting

Bahaya Menyusui Sambil Merokok

Ladies sekalian pasti sudah mengetahui tentang bahaya merokok bagi diri sendiri, orang sekitar yang menjadi perokok pasif, serta janin yang ada dalam rahim anda. Namun, bahaya merokok tak berhenti sampai di situ saja sebab ternyata jika ladies sedang menyusui sambil merokok akan membahayakan kesehatan buah hati anda.

Menurut breastfeeding-magazine.com, merokok dapat menyebabkan produksi ASI anda berkurang yang berarti bahwa bayi anda juga akan kekurangan asupan ASI. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia yang terkandung dalam rokok dapat mengurangi prolaktin yang mengakibatkan berkurangnya produksi ASI.

Berkurangnya prolaktin dalam tubuh ibu yang sedang menyusui juga dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan ibu untuk menenangkan bayi saat mereka menangis. Selain itu, bayi yang mendapat asupan ASI dari ibu perokok dan menghirup asap rokok juga akan mudang terserang berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit yang paling sering timbul adalah gangguan saluran pernapasan yang dapat berujung pada kanker paru-paru. Lalu, bayi anda juga dapat mengalami kram perut, mual-mual, hingga diare. Jika intensitas ibu merokok sangat tinggi, maka bayi anda dapat terserang SIDS atau Sudden Infant Death Syndrom yang membuat bayi anda meninggal dunia secara tiba-tiba saat terlelap tidur.

Jadi, bagi ladies sekalian yang merupakan perokok, sebaiknya sudah menghentikan kebiasaan merokok sejak anda mengandung si kecil hingga seterusnya. Katakan juga pada suami, kerabat, atau orang di sekitar anda untuk tidak merokok saat berada di dekat buah hati anda.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading