Sukses

Parenting

Apa Mungkin Kedua Payudara Memproduksi ASI Dalam Jumlah Berbeda?

Mungkin anda yang saat ini masih sedang meyusui bayi anda pernah mempertanyakan apakah bayi mendapatkan jumlah ASI yang sama dari masing-masing payudara.

Bisa jadi, anda merasa khawatir jika, misalnya, produksi ASI pada payudara sebelah kanan lebih banyak daripada yang di sebelah kiri. Sehingga, mungkin saja ketika menyusui bayi menggunakan satu payudara tertentu, bayi anda tidak akan mendapatkan ASI yang cukup.

Jika anda adalah salah satu dari mereka yang pernah mempertanyakan hal ini, sekarang anda sudah tak perlu lagi susah payah mencari jawabannya.

Menurut penjelasan yang ada di situs www.babycentre.co.uk, salah satu alasan salah satu payudara menghasilkan lebih banyak susu daripada yang lain adalah karena adanya perbedaan konsumsi ASI dari kedua payudara.

Karena menurut situs ini, ASI diproduksi dari masing-masing payudara sesuai jumlah kebutuhan. Jadi, ketika si bayi cenderung lebih sering menyusui dari salah satu payudara, produksi ASI di payudara yang jarang digunakan otomatis biasanya akan menurun.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda, para ibu menyusui, mulai membiasakan bayi anda untuk menyusu dari kedua payudara secara seimbang.

Juga, anda bisa berkonsultasi pada dokter, karena berdasarkan situs yang sama, penyakit tertentu yang biasa menyerang payudara akan membuat ASI berubah rasanya.

Namun, jika hal itu tak dapat anda lakukan, anda bisa pula menyedot ASI dari payudara yang jarang digunakan pada saat yang sama ketika bayi anda menyusu dari payudara yang ia suka atau segera ketika bayi anda selesai menyusu. Anda bisa melakukannya dengan bantuan pompa khusus ASI.

Dengan begitu, produksi ASI pada payudara yang jarang digunakan ini tidak akan berkurang.

Penulis: Alfi Suci D.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading