Sukses

Parenting

Memilih Nursing Bra yang Tepat

Anda sudah mendekati masa melahirkan, berarti tidak hanya perlengkapan bayi yang harus Anda siapkan, tapi juga perlengkapan untuk Anda sendiri—nursing adalah salah satu must-have-item untuk ibu menyusui.

Anda bisa mulai membeli bursing bra memasuki usia kehamilan trimester ketiga—dan tentunya jika bra lama Anda sudah sesak. Bagaimana menemukan ukuran yang tepat? Karena ukurannya akan berubah-ubah, situs seraphine.com menyarankan untuk mengukurnya di periode kehamilan 26 minggu dan menanbahkan 1 ukuran lebih besar pada ukuran cup dan lingkar dada. Misal jika pada 26 minggu ukurannya 34C, maka belilah ukuran 36D ketika memasuki trimester ke-3 dan 4.

Bagaimana perubahan ukuran bra yang biasanya dialami wanita hamil dan menyusui?

Pada wanita hamil, umumnya terjadi kenaikan 1 hingga 2 ukuran cup dan lingkar dada dari sebelum masa kehamilan. Sedangkan, bagi wanita yang telah melahirkan atau sedang menyusui, mengalami kenaikan ukuran cup bra saja. Kemudian, memasuki periode 8 minggu satelah menyusui, ukuran lingkar dada akan kembali normal dan ukuran cup akan naik 1 nomor dari cup sebelum masa kehamilan.

Karena kebanyakan produk bra tidak memperbolehkan untuk mengepas ukuran bra saat dibeli, Anda juga dapat mengukur payudara Anda secara manual. Ukurlah lingkar dada tapat di tengah payudara (overbust) dan lingkar di bawah payudara (underbust) dalam keadaan dada dan perut yang rileks.

Nursing bra yang pas adalah bra yang memberikan ruang yang cukup fleksibel di ikatannya dan tali bra selama perubahan ukuran bra selama hamil hingga menjelang melahirkan. Ada celah kosong sebesar 2 jari di bawah bra dan tangan Anda cukup untuk masuk ke dalam cup jika anda akan memasang bantalan untuk menyusui.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading