Sukses

Parenting

Tantangan Memberikan Susu Formula Untuk Bayi

Memberikan susu formula pada si kecil memang memberikan beberapa kemudahan pada Anda sebagai seorang ibu. Anda dapat memiliki waktu yang lebih untuk melakukan banyak hal lainnya karena ketika si kecil perlu menyusu, Anda tidak perlu selalu berada bersamanya. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk memberikan susu formula pada si kecil.

Tetapi semua hal pasti memiliki dua sisi, yaitu keunggulan dan tantangannya. Sebagai seorang ibu, Anda harus memahami beberapa hal sebelum memutuskan untuk memberikan susu formula pada si kecil. Kidshealth.org merangkum beberapa tantangan yang harus Anda hadapi ketika memberikan susu formula pada bayi.

Yang pertama, tentunya Anda membutuhkan persiapan. Dibandingkan dengan memberi ASI, susu formula membutuhkan persiapan yang lebih lama. Anda harus selalu menyediakan air panas untuk menyeduh susu formula si kecil.

Pastikan Anda mengikuti anjuran penggunaan. Sesuaikan takaran susu formula dan jangan menyajikannya terlalu panas. Belum lagi, Anda harus memastikan botol yang digunakan selalu steril dan bebas dari kuman agar tidak menyebabkan penyakit pada si kecil.

Selain membutuhkan persiapan, susu formula memiliki kandungan antibodi yang lebih sedikit dibandingkan dengan ASI. Hal ini berarti buah hati Anda tidak akan mendapat antibodi sebanyak yang didapat dari ASI untuk melindunginya dari infeksi dan bakteri.

Sebagai tambahan, kandungan pada susu formula juga tidak sekompleks kandungan ASi, bahkan susu formula lebih sulit untuk dicerna daripada ASI. Ketika memutuskan untuk memberikan susu formula, Anda harus menyiapkan uang lebih untuk memenuhi kebutuhan susu si kecil setiap bulannya. Sekarang, pilihan ada di tangan Anda.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading