Sukses

Parenting

Pengaturan Pola Makan Ibu Yang Mengandung Bayi Kembar (I)

Setelah melakukan ultrasound scan, rasa penasaran apakah ladies mengandung bayi kembar terjawab sudah. Apabila ladies memang dinyatakan mengandung bayi kembar, pasti ladies sibuk “menggandakan” persiapan ladies dalam menyambut si buah hati.

Eits, tunggu dulu. Sebelum melipatgandakan segala persiapan, simak dahulu penjelasan tentang makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu bayi kembar, seperti yang dihimpun dari babycentre.com.

Porsi makan
Mengandung bayi kembar tidak berarti porsi makan ibu hamil harus dua kali lipat. Porsi makan ibu hamil yang mengandung bayi kembar kurang lebih sama dengan ibu hamil yang hanya mengandung satu bayi. Makanlah dalam porsi normal dan makanlah ketika perut terasa lapar. Pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam perut terpenuhi.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus terdiri dari 4 jenis makanan berikut ini:
1.    Sayur dan buah
2.    Karbohidrat
3.    Protein
4.    Susu (baik dalam bentuk susu, maupun yogurt)

Suplemen
Meskipun bayi yang dikandung adalah bayi kembar, jumlah asam folat yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah 400 mikrogram pada 12 minggu pertama usia kehamilan. Jika nantinya ibu hamil akan menyusui sendiri, maka mulai konsumsilah vitamin D sebanyak 10 mikrogram perhari hingga masa persalinan nanti. Suplemen penambah darah juga penting untuk dikonsumsi karena wanita yang mengandung bayi kembar rentan mengalami anemia.

Pravianti Ayu Mirantiraras


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading