Sukses

Parenting

Merokok Saat Hamil dan Konsekwensinya

Jika anda seorang wanita yang merupakan seorang perokok berat, anda mungkin harus segera memulai untuk menghentikan kebiasaan anda yang satu ini. Karena rokok bersifat menimbulkan kecanduan, mungkin memang sulit bagi anda untuk berhenti.


Namun, sebaiknya anda segera menemukan alasan untuk berhenti merokok. Karena kebiasaan buruk anda ini dapat merusak kesehatan anda. Salah satu alasan kenapa anda harus berhenti adalah kehamilan. Jika anda mengandung dan akan segera menjadi ibu, anda harus menghentikan kebiasaan anda merokok bukan hanya untuk kebaikan diri anda sendiri, namun juga untuk kesehatan bayi anda selama dalam kandungan dan selama masa hidupnya nanti.


Pregnancy.org menjelaskan bahwa banyak penelitian yang menunjukan bahwa wanita yang merokok selama hamil akan beresiko memiliki anak yang menderita obesitas dan diabetes. Jika anda merokok saat hamil, resiko anak anda terkena obesitas di masa depan meningkat sebanyak 40% dan lebih dari 300% peningkatan resiko anak anda terkena diabetes pada usia muda.


Obesitas dan diabetes dapat meningkatkan angka kematian, maka dari itu, ibu yang merokok selama kehamilan bisa mengancam hidup anak mereka ketika mereka tumbuh dewasa. Penelitian-penelitian yang dilakukan baru-baru ini juga menyimpulkan hal yang sama. Anak-anak yang ibunya merokok selama hamil lebih beresiko untuk menderita obesitas.


Selain merokok, wanita hamil yang banyak menghirup asap rokok meskipun ia bukan perokok aktif pun dapat memberikan dampak buruk yang sama pada bayi yang sedang ia kandung. Maka dari itu, jika anda sedang hamil dan menginginkan anak yang sehat, berhentilah merokok sekarang juga!

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading