Sukses

Parenting

Jangan Berikan Susu pada Si Kecil Sebelum Tidur

Memberikan susu kepada anak yang beranjak tidur mungkin adalah kebiasaan yang dilakukan hampir semua ibu. Alasannya, susu akan membuat anak merasa kenyang dan nyaman, sehingga mereka pun lebih cepat tidur dan tidak rewel. Tapi, tahukah Bunda bahwa kebiasaan tersebut sebenarnya membawa efek yang kurang bagus bagi si kecil?

Dikatakan pada sebuah penelitian yang dimual pada dailymail.co.uk, bahwa anak yang memiliki kebiasaan minum susu sebelum tidur beresiko 30% lebih banyak mengalami obesitas ketika dia dewasa. Obesitas bagi anak bukanlah sesuatu yang tidak patut dikhawatirkan, karena dengan obesitas kemungkinan terserang penyakit pun semakin membesar.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa memberikan susu sebelum tidur kepada anak usia diatas 5 tahun bersifat berlebihan. 1 gelas susu mengandung sama dengan 150 kalori atau 12% total energi yang dibutuhkan anak. Jika porsi itu diberikan sebelum anak tidur, sudah pasti kalori tersebut tidak terpakai dan menyebabkan tumpukan lemak.

Penelitian ini dilakukan kepada kurang lebih 7000 anak Amerika pada usia 9 bulan dengan mengamati kebiasaan minum susu sebelum tidur. Dari penelitian tersebut, 22,9% anak terbukti mengalami obesitas  ketika mereka menginjak usia 2 tahun.

Nah, sebenarnya tidak ada yang salah dengan kebiasaan minum susu, susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan perkembangan si kecil. Namun, alangkah lebih baik Bunda memperhatikan waktunya saja. Semoga bermanfaat.

Oleh: Marintan Widi Lestari


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading