Sukses

Parenting

Memahami Anak Autis (I)

Kunci kesuksesan dalam merawat anak yang menderita autisme adalah memahami bagaimana mereka “melihat” dunia. Anak autis menyerap semua detail informasi yang diterima oleh panca indera mereka tanpa menyaring mana yang tidak diperlukan. Tak heran bila anak autis terlihat kebingungan dengan apa yang mereka tangkap.

Memahami bagaimana panca indera anak autis bekerja sangat penting agar orang tua dan pengasuh dapat memperlakukan mereka sesuai dengan porsinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui oleh orang tua dan pengasuh anak autis, seperti yang dikutip dari webmd.com.

1.    Indera pendengaran anak autis sangat peka
Karena indera pendengaran anak autis sangat sensitif, maka suara bising adalah hal yang kurang disukai oleh anak autis. Ketika mendengar suara berisik, misalnya suara kendaraan berlalu lalang, mereka cenderung menutupi telinga mereka dengan kedua tangannya.

2.    Indera peraba anak autis sangat sensitif
Sama seperti indera pendengarannya yang sangat peka dengan suara, indera peraba anak autis juga sangat peka terhadap sentuhan. Anak-anak autis cenderung kurang menyukai sensasi yang ditimbulkan oleh sentuhan, misalnya angin semilir yang mengenai kulit maupun gesekan kain pada kulit.

3.    Kesulitan berkomunikasi
Salah satu kesulitan yang dirasakan oleh anak autis adalah kesulitan untuk memahami bagaimana bahasa bekerja. Hal ini biasanya berujung pada frustasi karena mereka tidak mampu mengkomunikasi ide yang ada dalam benak mereka. Namun yang perlu digarisbawahi adalah kesulitan berkomunikasi tidak berarti bahwa anak autis adalah anak yang bodoh.
Pravianti Ayu Mirantiraras


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading