Sukses

Parenting

Memahami Anak Autis (II)

Pemahaman terhadap autisme yang terjadi pada anak tidak hanya terbatas pada bagaimana sistem panca indera mereka bekerja, namun juga pada tingkah laku mereka sehari-hari. Seperti yang dikutip dari webmd.com, berikut ini adalah beberapa perangai yang lazim dilakukan oleh anak autis.

1.    Self-stimulatory behavior
Self-stimulatory behavior atau yang disingkat sebagai “stimming” adalah tingkah laku yang biasa dikerjakan oleh anak autis untuk membantunya fokus pada sesuatu. Stimming yang biasa dilakukan oleh anak adalah mengepakkan tangan, berjalan berputar, mengulang frasa-frasa tertentu, dan bergumam sendiri.

2.    Compulsive organization
Anak-anak autis cenderung menyukai pola-pola yang teratur. Oleh karena itu, tidak heran apabila anak autis suka mengelompokkan benda-benda sesuai dengan pola tertentu, misalnya sesuai ukuran, bentuk, dan warnanya. Kegiatan mengelompokkan ini biasa dilakukan dengan pola dan urutan yang sama setiap hari sepanjang waktu.

3.    Intellectual obsession
Hal ini juga termasuk salah satu tingkah laku yang kerap ditunjukkan oleh anak autis. Apabila mereka tertarik pada suatu objek, mereka akan terus menerus berusaha mencari tahu tentang objek tersebut. Oleh karena itu, orang tua dan pengasuh anak autis harus berusaha mencari tahu tentang objek yang diminati oleh anak autis dan berusaha untuk mencari tahu juga infomrasi tentang objek tersebut. Dengan begitu, orang tua atau pengasuh dapat berkomunikasi banyak dengan anak autis.

Pravianti Ayu Mirantiraras


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading