Sukses

Parenting

Asma Akut Resistan Terhadap Steroid

Masalah Asma biasanya akan sangat mudah diatasi dengan menggunakan inhaler yang mengandung steroid. Akan tetapi, apa yang harus dilakukan penderita asma yang resisten terhadap steroid.

Kondisi seperti jelas sangat memusingkan sekaligus dilematis. Penderita yang mengalami kondisi semacam ini bisanya disebut dengan pederita asma akut, seperti dilansir oleh medicalnews.com

Masalah seperti ini terjadi akibat adanya daya imunitas tinggi yang dimiliki oleh penderita asma terhadap glucocorticoid atau steroid dalam inhaler atau obat pereda rasa sakit pada asma. Jika kondisi ini terjadi, maka satu-satunya hal yang bisa dilakukan pasien adalah menghindari penggunaan steroid.

Fungsi dari glucocorticoid sebenarnya digunakan untuk mengurangi pembekakkan pada saluran pernafasan dan juga mengaktifkan sistem imunitas tubuh secara alami. Akan tetapi, pasien dengan masalah asma akut ini sudah memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang sangat tinggi.

Akibatnya, bukan sistem kekebalan tubuh yang sangat tinggi ini justru menghalangi kerja steroid yang ingin meredakan serangan asma pada diri penderita. Biasanya, tingginya imunitas tubuh penderita ini dikarenakan oleh tingginya kadar IL-2 (interleukin 2), IL-4 dan IL-5 di dalam saluran pernafasan pasien.

Jika hal ini terjadi, salah satu alternatif yang bisa diambil oleh sang penderita adalah dengan cara mengatasi serangan asma dengan cara alami. Yaiut lebih memerhatikan menu makanan yang mengandung antioksidan demi mengurangi inflamasi dan juga ketergantungan terhadap inhaler yang mengandung steroid.

Wahyu Wienanda


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading