Sukses

Parenting

ASI Eksklusif Kurangi Resiko Bari Derita Penyakit Asma

Meskipun telah banyak informasi yang menjelaskan tentang penyebab penyakit asma, namun sampai saat ini masih belum ditemukan pengobatan yang dapat benar – benar menyembuhkan penyakit asma. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan pencegahan agar penyakit asma tidak muncul, apalagi menyerang buah hati kita.

Menurut penelitian asal Belanda ditemukan fakta bahwa pemberian ASI ekslusif kepada bayi dapat mencegah munculnya resiko terserang asma pada mereka. Dijelaskan lebih lanjut bahwa waktu yang tepat untuk memberikan ASI pada bayi adalah selama 6bulan.

Penelitian ini dilakukan pada 5000 anak beserta ibunya di Belanda, seperti yang diterbitkan pada webmd.com. Seluruh responden, yaitu para ibu, diminta mengisi lembar survey yang berisi tentang pertanyaan – pertanyaan seputar kebiasaan menyusui yang dilakukan dan gejala asma yang mungkin muncul.

Dari penelitian itu diketahui bahwa anak yang mendapatkan ASI eksklusif tepat selama 6bulan tanpa diselingi pemberian susu formula memiliki kecenderungan terserang gejala – gejala penyakit asma seperti mengi, sesak nafas, dada pengap dan lainnya.

Pada penelitian ini memang tidak dipelajari lebih dalam bagaimana menyusui dapat berpengaruh terhadap resiko terkena penyakit asma. Namun, data dari penelitian ini telah dapat membuktikan bahwa anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif rentan terkena asma.

Oleh: Marintan Widi Lestari


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading