Sukses

Parenting

Apa yang Terjadi Saat Terserang Asma

Halo Ladies, kita kembali lagi dengan topik asma kita. Banyak penjelasan serta informasi yang bisa anda dapatkan mengenai penyakit asma, bagaimana menyikapi dan mengatasi asma, penyebab dan segala macam detail lengkap lainnya. Namun, satu hal yang mungkin anda tidak diketahui banyak orang awam adalah, apa yang sebenarnya terjadi saat asma muncul?

Ladies, situs everydayhealth.com menjelaskan bahwa kebanyakan asma yang diderita oleh orang-orang adalah asma yang terpicu akibat alergi. Asma yang terjadi karena alergi terjadi akibat respon dari tubuh setelah mendapat kontak langsung dengan hal-hal lain dari luar tubuh. Hal-hal yang bisa memicu asma jika masuk ke dalam tubuh ini disebut dengan alergen.

Proses terjadinya asma diawali ketika alergen ini masuk kedalam tubuh. Saat alergen masuk dalam tubuh, tubuh akan mendeteksinya sebagai benda asing. Setelah masuk dalam tubuh, sistem imun dalam tubuh kita akan mengirim sinyal ke otak supaya memproduksi antibodi yang sesuai dengan alergen yang menginvasi tubuh.

Namun, asma tidak akan terjadi hanya karena adanya alergen yang masuk dalam tubuh, tetapi diperlukan alergen dalam jumlah cukup untuk membuat tubuh memproduksi antibodi yang melebihi batas aman. Ketika tubuh memiliki kelebihan antibodi, maka tubuh akan bereaksi dengan saluran pernafasan yang menutup dan akhirnya terjadilah serangan asma.

Jadi ladies, berikut itu adalah bagaimana serangan asma bisa terjadi. Jadi anda tidak perlu terlalu paranoid dengan faktor-faktor pemicu asma karena hanya terekspos pada faktor-faktor tersebut tetapi tidak pada kuantitas yang mencukupi tidak akan menyebabkan serangan asma.

Penulis: Yudha Yanuar A.


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading