Sukses

Parenting

Berat Badan Lahir Kurang Tidak Memicu Asma

Sebuah penemuan yang diketuai oleh Dr. Hyeon Yang dari Mayo Clonic di Rochester, Minnesota menyatakan bahwa asma merupakan penyakit yang secara umum diderita oleh banyak anak. Hal ini menyebabkan asma menjadi alasan yang paling sering diterima apabila anak tidak masuk sekolah.

Terkait dengan hasil penelitian tersebut di atas, sebuah penelitian berkembang mengenai apakah berat badan anak ketika lahir memiliki hubungan sebab dengan munculnya asma. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tanggal 15 Januari 2013 di jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology dan dicantumkan di www.everydayhealth.com menyatakan bahwa berat badan lahir kurang pada anak tidak memicu asma.

Peneliti meneliti hampir 4000 anak yan glahir di Rochester, Minnesota sedari tahun 1976 hingga 1979 (193 memiliki berat badan yang kurang saat lahir dan 3740 memiliki berat badan normal). Hasil penelitian menyatakan  bahwa dari anak yang memiliki berat badan kurang saat lahir, ditemukan bahwa hampir 7% anak memiliki asma.

Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa berat badan yang kurang saat lahir tidak memiliki dampak apapun atas resiko asma yang terjadi pada anak. Oleh karena itu,  lingkungan, gen, dan interaksi anak bisa dianggap faktor penyebab munculnya asma dan tidak lagi dengan faktor berat badan kurang.

Apabila anak anda memiliki berat badan yang kurang saat lahir, jangan khawatir bahwa hal tersebut dapat memicu timbulnya asma. Perhatikan dan cermati faktor lain apabila ternyata asma muncul pada anak.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading