Sukses

Parenting

Ada Berapa Banyak Sih Ibu yang Menyusui?

Ada berapa banyak sih ibu menyusui dalam tahun-tahun belakangan ini? Ingin tahu informasi selengkapanya? SImak ulasan dari medicalnewstoday.com berikut.

Laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa di Amerika jumlah ibu-ibu yang menyusui meningkat dan banyak pula yang menyusui sampai bayi berumur 6 bulan.

Pada tahun 2000-2008, proporsi ibu yang baru mulai menyusui meningkat sebanyak 4%. Pada tahun 2000, ada 35% ibu yang menyusui sampai 6 bulan dan pada tahun 2008 meningkat menjadi 45%. Selain itu, ibu yang memberi ASI eksklusif sampai 1 tahun sebanyak 23%.

Lalu bagaimana dengan jumlah ibu menyusui di Indonesia? Menurut Survey Kesehatan Penduduk Indonesia pada tahun 2002/2003, seperti yang dilansir unicef.org, ada 40% ibu yang memberikan ASI eksklusif pada bayinya sampai umur 6 bulan. Tapi, sisanya kebanyakan memberikan ASI eksklusif hanya sampai 2 bulan pertama setelah melahirkan saja.

Banyak sekali hal yang membuat persentasi ibu-ibu menyusui di Indonesia ini masih tergolong rendah. Penyebabnya antara lain kurangnya informasi tentang manfaat menyusui dan bagaimana cara menyusui, kurangnya pelayanan konsultasi tentang menyusui.

Selain itu, ada faktor lainnya seperti ibu yang harus bekerja, tidak adanya akses menyusui di tempat umum, dan yang paling mendominasi saat ini adalah gencarnya promosi susu formula yang ada di iklan bahkan rumah sakit juga mempengaruhi ibu menjadi malas menyusui.

Tapi, bagaimanapun juga, persentase ibu menyusui di Indonesia tidak terlampau jauh jika dibandingkan ibu menyusui di negara maju seperti Amerika.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading