Sukses

Parenting

Resiko Penyakit Asma pada Mental

Selama ini kita telah mengetahui bahwa serang penyakit asma dapat timbul karena beberapa hal, antara lain adalah stress dan tekanan pikiran. Namun, Anda mungkin tidak pernah atau jarang mendengar bahwa penyakit asma ini juga membawa resiko menyebabkan gangguan mental pada penderitanya bukan?

Menurut healthmeup.com yang melansir sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, anak – anak dengan penyakit asma yang telah parah terbukti mempunyai kemungkinan lebih besar terkena beberapa gangguan mental seperti depresi dan merasa gelisah terus menerus.

Para ahli psikologi dari University of Western Australia mengemukakan bahwa dari hasil studi mereka sebelumnya menemukan bahwa para penderita penyakit asma mengalami kondisi yang semakin parah ketika mereka mengalami depresi dan kekhawatiran.

Seperti yang dikatakan salah satu peneliti kepada jurnal Psychological Medicine, mereka ingin mencari tahu apakah penyakit asma yang diderita anak – anak pada usia muda berpengaruh terhadap kesehatan mental mereka ketika tumbuh dewasa. Selain itu mereka ingin mencari tahu apakah level parah tidaknya asma pada anak – anak juga berpengaruh atau tidak.

Hasil penelitian itu kemudian membuktikan bahwa anak – anak yang mengidap penyakit asma sejak 5tahun memiliki kemungkinan besar akan mengalami masalah atau gangguan mental ketika mereka menginjak usia 17tahun.

Selain itu, ternyata parah atau tidaknya penyakit asma yang diderita tidak mengubah kemungkinan anak – anak tersebut mengalami gangguan mental kelak ketika mereka dewasa.

Oleh: Marintan Widi Lestari


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading