Sukses

Parenting

Botol Steril Wajib Untuk Si Kecil

Demi kesehatan si buah hati, pastikan bahwa barang-barang yang ada di sekitarnya tetap bersih ya Ladies. Seperti mainannya, dan alat-alat makannya. Begitu pula dengan botol susunya. Botol susu yang akan digunakan oleh si kecil harus selalu steril.

Anda dapat membersihkannya dengan merebusnya atau diamkan dengan air panas selama 5 menit. Anda juga dapat mensterilkan botol menggunakan alat khusus lho Ladies. Tapi jika Anda ingin berhemat, merebus botol adalah cara yang tepat dan efektif kok.

Setelah itu, cuci bersih botol dengan menggunakan sabun dan bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir ya Ladies. Pastikan bahwa botol susu benar-benar bersih agar tidak ada bakteri yang berkembang.

Jangan lupa untuk mempersiapkan susu si kecil dengan mencampurkan air hangat dan susu formula bubuknya. Perhatikan petunjuk pemakaian agar Anda mengetahui seberapa banyak takaran susu setiap akan dibuat. Jangan sampai kekurangan atau kelebihan agar si anak mendapatkan dosis yang tepat.

Jika Anda ingin membuatkan susu untuk si kecil, pastikan air yang Anda gunakan aman untuk dikonsumsi ya. Kidshealth.org memberikan tips untuk mensterilkan air yang anak Anda konsumsi:

1. Masukan air kedalam panci.
2. Letakkan panci tersebut diatas kompor dengan api yang sedang.
3. Tunggu air sampai mendidih dan biarkan air tersebut mendidih selama beberapa menit.
4. Matikan api, dan biarkan air tersebut dingin sampai suhunya seperti suhu ruangan.

Jangan berikan susu yang sudah didiamkan selama 1 jam pada suhu ruangan ya, karena susu tersebut sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Simpan di dalam lemari pendingin jika memang Anda ingin menyimpannya.

Oleh Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading