Sukses

Parenting

Menyusui dapat Memberikan Keuntungan Bagi Ibu dan Bayi

Tidak ada kata terlalu awal untuk memikirkan bagaimana caranya memberikan ASI pada bayi Anda mengingat banyaknya alasan mengapa Anda sebaiknya memberikan ASI pada bayi Anda. Seperti yang ditulis oleh www.nhs.uk, ASI merupakan makanan alami yang memang dikhususkan untuk bayi Anda yang mampu melindungi mereka dari berbagai penyakit dan infeksi. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memberikan ASI pada bayi Anda sendiri.

Di samping alasan tersebut, nyatanya menyusui dapat memberikan keuntungan pada ibu dan bayi. Keuntungan pertama bagi bayi yaitu menyusui merupakan cara paling sehat untuk memberi makan bayi Anda. Keuntungan lain yang ditawarkan oleh ASI pada bayi yaitu garansi menurunnya kemungkinan bayi Anda mengalami diare, muntah, dan konstipasi.

ASI juga menurunkan resiko bayi terkena infeksi pada telinga dan dada serta menghindarkan bayi Anda dari obesitas dan diabetes serta eczema. Sebaiknya Anda memberikan ASI eksklusif hingga bayi Anda berusia 6 bulan. Semakin lama Anda memberikan ASI, semakin lama pula perlindungan yang dapat Anda berikan pada bayi Anda.

Menyusui ternyata juga memberikan keuntungan pada ibu yang berupa menurunnya resiko terjangkit kanker payudara dan kanker ovarium. Karena menyusui dapat membakar 500 kalori perhari, menyusui dapat membantu Anda mengurangi berat badan Anda dalam kurun waktu 4 minggu guna menghindarkan Anda dari obesitas. Yang paling penting, menyusui dapat memperkuat hubungan Anda dengan buah hati Anda.

 Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading