Sukses

Parenting

Susu Formula sebagai Pelengkap Nutrisi Bayi

Ladies, banyak ibu yang ingin menghentikan kegiatan menyusui si kecil namun tidak mengerti apa yang harus mereka lakukan. Jika Anda menghentikan kegiatan menyusui karena Anda merasa bahwa payudara Anda sudah tidak memproduksi susu sebanyak yang dibutuhkan oleh si kecil, jangan menyerah begitu saja ya! Anda harus tetap menyusui terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk memompa susu yang Anda milikki. Jika masih kurang, barulah tambahkan dengan susu formula seperlunya.

Anda dapat membiasakan si anak untuk berlatih menggunakan botol susu. Tapi jangan langsung mengganti ASI dengan susu formula jika Anda masih memproduksinya. Pompa susu Anda dan masukan dalam botol minum si kecil.

Jika biasanya ia mengkonsumsi ASI langsung dari payudara Anda, maka ini saatnya ia untuk mencoba mengkonsumsi asi dari botol susu. Ingat, untuk memompanya Anda harus mendapatkan posisi yang nyaman ya Ladies agar Anda tidak terkena masalah payudara seperti mastitis atau radang payudara.

Seiring dengan berkurangnya masa menyusui, tubuh Anda akan beradaptasi dan produksi susu tidak lagi banyak nih Ladies. Karena tubuh Anda menyesuiakan dengan jadwal menyusui Anda yang baru.

Memulai untuk memberikan si kecil susu formula dapat terjadi karena beberapa hal nih Ladies. Misalnya saja adanya perubahan frekuensi, warna dan konsistensi pada feses atau kotoran si kecil. Konsultasikan kepada dokter jika si kecil memiliki masalah pada feses dan rutinitas BABnya.

Menurut kidshealth.org jika bayi Anda masih belum bisa menerima susu formula, Anda bisa mencampurkan antara ASI yang Anda pompa dengan susu formula agar si kecil dapat beradatasi dengan rasa susu barunya.

Oleh Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading