Sukses

Parenting

Menyusui Dengan Seimbang

Menyusui seorang bayi perlu melihat kemampuannya untuk menerima air susu, yang dipengaruhi kecepatan mencerna, volume perut, dan keaktifannya. Pada minggu-minggu pertamanya, bayi pada umumnya perlu disusui setiap 3 jam untuk memenuhi kebutuhannya selepas proses melahirkan. Buah hati anda memerlukan sejumlah nutrisi untuk memastikan berat badannya bisa bertambah selama bulan-bulan pertama lho, Ladies.

Biarkan buah hati anda menghabiskan air susu payudara pertama sebelum pindah ke payudara yang satunya. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mengontrol dan menghitung seberapa besar air susu yang diperlukan untuk seorang bayi merasa kenyang. Setelah selesai dengan payudara pertama dan masih merasa lapar, baru berikan air susu dari payudara yang kedua.

Menurut mayoclinic.com, selain baik untuk buah hati anda dan membantu anda mengukur seberapa besar air susu yang dibutuhkan buah hati anda untuk merasa kenyang, menyusui dengan kedua payudara secara seimbang juga akan membantu anda mengurangi rasa tidak nyaman karena payudara terasa penuh akibat air susu. Payudara yang penuh dengan air susu akan terasa tidak nyaman, bahkan nyeri dan sensitif.

Bila memang buah hati anda sudah merasa kenyang setelah menyusui dari satu payudara saja, coba pompa air susu dari payudara satunya untuk memastikan kedua payudara memproduksi air susu dengan seimbang dan menghilangkan rasa tidak nyaman pada payudara anda akibat terasa penuh. Selain itu, air susu yang dipompa keluar juga bisa disimpan untuk diberikan pada waktu yang lain.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading