Sukses

Parenting

Pahami Keinginan Buah Hati Anda

Menyusui adalah tugas seorang ibu, namun bukan berarti anda boleh mengatur buah hati anda, Ladies. Menyusui adalah hak buah hati anda dan dialah yang paham seberapa banyak air susu yang dibutuhkan dan seberapa banyak air susu sebelum akhirnya merasa kenyang. Jangan memaksakan buah hati anda untuk minum susu kecuali dia yang meminta.

Kebanyakan ibu menyusui yang baru pertama tidak memahami bahwa buah hatinya memiliki pola makan sendiri dan terkadang tidak sama dengan apa yang sudah anda rencanakan. Maka dari itu, anda perlu memahami kapan buah hati anda merasa lapar dan kapan dia sudah merasa kenyang.

Mulailah dari memperhatikan tingkah lakunya, bagaimana dia menunjukkan rasa lapar. Kebanyakan bayi pada minggu-minggu pertama haruslah disusui setiap 2 sampai 3 jam sekali. Pada saat itulah anda bisa melihat seperti apa seorang bayi mengisyaratkan pada sang ibu ketika merasa lapar. Seringkali, bayi yang sedang lapar dan minta disusui akan rewel, menangis, bermain dengan tangannya, dan menggerak-gerakkan mulutnya.

Menurut mayoclinic.com, memaksakan buah hati anda untuk minum susu, bahkan sampai membangunkan ketika dia sedang tidur juga bukan langkah yang baik. Bayi yang tidur berarti sedang mencerna air susu dalam perutnya. Membangunkannya hanya akan membuatnya menjadi rewel dan susah untuk ditenangkan kembali. Biarkan buah hati anda yang menentukan sendiri waktu makannya, yaitu, ketika dia merasa lapar dan air susu yang diminumnya sudah selesai dicerna.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading