Sukses

Parenting

Penyembuhan Pasca Melahirkan dan Efeknya Ketika Menyusui II

Melahirkan merupakan momen yang paling membahagiakan sekaligus menguras banyak tenaga. Bahkan beberapa wanita menderita depresi atau stres setelah mereka melahirkan. Untuk mengurangi depresi mereka akan mengonsumsi obat anti depresan, apakah obat ini aman ketika menyusui?

Menurut babyzone.com, sangat penting bagi anda untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter mengenai efek samping dari obat-obatan anti depresan. Hal ini bertujuan agar anda dapat memilih obat yang memiliki efek samping paling ringan bagi bayi anda yang sedang minum ASI, tapi tetap dapat memberikan manfaat bagi anda.

Sertraline (Zoloft) serta paroxetine (Paxil) merupakan obat-obatan yang aman ketika anda menyusui. Sedangkan fluoxetine (Prozac) diketahui menyebabkan muntah, mual, kolik, hingga koma pada beberapa bayi. Sehingga membuat obat ini tidak dianjurkan bagi anda yang sedang menyusui bayi berusia di bawah empat bulan.

Jika Prozac merupakan satu-satunya obat anti depresan yang dapat anda gunakan, maka pastikan bahwa bayi anda telah berusia empat hingga enam bulan. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping serta manfaat dari mengonsumsi obat tersebut ketika menyusui.

Ladies, meski beberapa obat terbukti aman bagi bayi anda, tetaplah mengurangi konsumsi obat-obatan ketika anda sedang menyusui. Jika tidak, mintalah pada dokter anda obat dengan dosis paling rendah agar tidak membahayakan buah hati tercinta.

Oleh Lies Nureni

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading