Sukses

Parenting

Persiapan Sebelum Menyusui Bayi Kembar

Apakah saat ini anda sedang menunggu kelahiran bayi kembar anda? Apa saja yang sudah anda persiapkan? Apakah persiapan anda meliputi bagaimana menyusui kedua malaikat kecil anda? Berikut adalah tips dari hygeianc.com.

1. Pelajari semua hal tentang menyusui bayi kembar.

Jika anda sedang membaca tips ini, anda ada di jalan yang benar. Bergabunglah dengan perkumpulan Ibu yang akan melahirkan putra kembar sehingga anda dapat berbagi posisi-posisi menyusui bayi kembar, bagaimana meningkatkan produksi air susu, menjaga kesehatan selama menyusui, dan lain-lain.

2. Berkonsultasilah dengan dokter anda.

Dapatkan bantuan dari dokter anda untuk memahami nutrisi atau vitamin yang dibutuhkan untuk menyusui bayi kembar serta bagaimana tetap menjaga kesehatan walaupun menyusui karena anda memiliki dua malaikat kecil, bukan satu sehingga anda perlu bekerja ekstra untuk hal-hal tersebut.

3. Gunakan rencana B.

Ibu manapun pasti tidak ingin bayi kembar mereka lahir prematur. Apabila hal ini menimpa anda, jangan putus asa untuk mendapatkan kabar terbaru tentang bayi kembar anda yang dirawat di NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Tanyakan apakah anda dapat memberikan kontak fisik atau memberikan air susu anda kepada kedua bayi anda.

4. Bersabarlah pada masa awal menyusui.

Menyusui dua bayi bukanlah hal yang mudah sehingga membutuhkan kesabaran yang tidak sedikit. Kesabaran anda dibutuhkan pada saat ini karena proses ini akan sangat melelahkan.

5. Tetaplah berbahagia.

Berikan waktu untuk waktu diri anda sendiri sehingga anda tidak akan merasa stres dalam menyusui kedua bayi kembar anda.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading