Sukses

Parenting

Merencakan Kembali Kehamilan

Tidak setiap pasangan dapat dengan mudah menimang momongan pertama mereka. Banyak di antara mereka yang harus menghadi petaka yang bernama keguguran. Jika Anda adalah seorang wanita yang pernah mengalami keguguran, tentu Anda tahu dengan pasti betapa menyakitkan ketika Anda kehilangan janin yang Anda tunggu-tunggu kehadirannya.

Untuk menghadapi keguguran tersebut, Anda dan pasangan Anda tentu telah melakukan banyak cara untuk mengilangkan rasa sedih dan bersalah. Bertemu banyak teman, berbagi dengan pasangan dan keluarga, serta melakukan banyak kegiatan adalah cara Anda untuk mengatasi perasaan Anda yang kompleks yang dikarenakan oleh keguguran.

Womenshealth.gov menyarankan Anda untuk memberikan waktu untuk diri sendiri guna mengembalikan perasaannya. Masa tersebut mungkin berlangsung selama beberapa bulan atau mungkin bahkan 1 tahun. Segera setelah Anda dan pasangan Anda secara batin siap untuk mencoba memiliki momongan kembali, pastikan dulu dengan dokter Anda bahwa Anda memang dalam kondisi sehat lahir batin. Kunjungan dokter tersebut juga untuk memastikan bahwa  tubuh Anda memang sudah siap untuk mengandung.

Setelah keguguran, kebanyakan wanita sehat tidak perlu menunggu lama untuk merencanakan kehamilan kembali. Anda mungkin merasa khawatir tentang adanya kemungkinan Anda keguguran kembali. Akan tetapi, hal yang cukup menenangkan adalah sebagian besar wanita yang pernah mengalami keguguran dapat melanjutkan hidup dan memiliki buah hati yang sehat.


Penulis: Ratih Kristianasari


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading