Sukses

Parenting

Bagaimana Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusu?

Bayi yang menolak untuk menyusu ASI pada ibu akan menimbulkan efek psikologis yang luar biasa bagi ibu. Ada perasaan tertolak yang membuat ibu sedih dan tertekan. Namun, hal ini tidak sepenuhnya salah ibu.

Menurut mayoclinic.com, kesabaran ibu sangat diperlukan dalam hal ini untuk mengubah pola makan bayi. Berilah dia banyak asupan ASI dengan mengikuti jadwal makan. Jika Anda tidak bisa terus memberi ASI dengan menyusuinya langsung, Anda dapat memompa ASI dan menyuapinya dengan sendok atau botol.

Usaha lain yang patut dicoba adalah  terus mencoba menyusuinya dengan menyodorkan puting Anda ke mulut bayi sehingga dia akan terdorong untuk menyusu. Tapi berilah jeda saat mencobanya sehingga bayi tidak akan rewel dan semakin menolak Anda.

Berilah variasi pada posisi menyusui bayi. Saat dia menunjukkan tanda-tanda susah buang angin dan bersendawa, posisikan dia tegak dan sandarkan pada dada Anda. Berusahalah untuk menyusui di ruangan yang tenang dan tertutup dengan tidak terlalu banyak cahaya sehingga dia tidak akan terganggu saat menyusui.

Ada saatnya bayi merasa tidak nyaman karena giginya mulai tumbuh. Usaplah gusinya dengan handuk basah yang dingin dengan jari Anda. Saat bayi Anda menggigit puting, jangan langsung tarik dan tunjukkan reaksi yang spontan. Masukkan jari Anda diantara mulutnya untuk menghentikan hisapannya untuk sementara.

Lalu, cari tahu perubahan lain yang terjadi di diri Anda. Apakah Anda sedang berdiet, mengonsumsi obat, sedang stress, menggunakan barang yang berbau cukup menyengat, atau hamil? Hal-hal ini jika terbukti adalah salah satu penyebab bayi meonla unutk menyusu, maka fokuslah pada diri Anda untuk mencari jalan keluarnya.

Oleh : Zurriat Nyndia


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading