Sukses

Parenting

Hormon Menyusui - Oxytocin

Setelah anda melahirkan, menyusui bagaikan sebuah rutinitas yang harus anda lakukan. Payudara anda yang sebelumnya tidak mengeluarkan air susu menjadi penghasil makanan utama dan terbaik yang dapat didapatkan oleh buah hati anda. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh anda ketika masa menyusui?

Semuanya adalah kerja dari hormon tubuh anda yang dinamai oxytocin. Oxytocin adalah hormon yang sangat mempengaruhi insting kewanitaan dan keibuan seorang wanita, Ladies. Bila and merasa gembira setiap kali memeluk buah hati anda, menidurkannya, menyusuinya, itu adalah akibat dari oxytocin yang diproduksi oleh tubuh anda. Oxytocin diproduksi dalam jumlah lebih ketika anda dalam masa menyusui, dan oxytocin pula yang membuat tubuh anda mampu memproduksi air susu ibu dan memberikannya pada buah hati anda.

Menurut babycenter.com, oxytocin, selain adalah hormon yang dilepaskan ke otak pada saat seseorang jatuh cinta, memiliki pengaruh sangat besar untuk seorang ibu karena tanpa hormon ini, bisa dipastikan anda tidak akan bisa menyusui. Oxytocin memiliki pengaruh yang sangat kuat terutama ketika anda berdekatan, ingat, atau memikirkan buah hati anda.

Selain itu, untuk membantu ibu hamil beristirahat, oxytocin juga menimbulkan rasa nyaman dan relaks, serta mampu membuat seorang ibu merasakan kantuk saat dilepaskan dalam tubuh. Intinya, Ladies, oxytocin mengubah bayi menjadi sebuah obat tidur yang otomatis membuat anda ingin tidur setiap kali berdekatan dengan buah hati anda.

Mamor Adi P
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading