Sukses

Parenting

Apakah Stress Dapat Mempengaruhi Produksi ASI?

Ada berbagai macam alasan yang menyebabkan terganggunya produksi ASI anda. Nah, apakah stress yang dialami ibu menyusui juga merupakan masalah yang mampu mengganggu lancarnya produksi ASI?

Berdasarkan informasi yang terangkum dalam situs www.babycentre.co.uk, stress untungnya tidak secara langsung membuat produksi ASI anda berkurang. Namun ternyata, ada efek samping stress yang secara tidak langsung menggangu produksi ASI anda.

Situs yang sama menjelaskan bahwa ketika anda yang sedang dalam masa menyusui mengalami stress, mungkin anda akan mengurangi seringnya anda menyusui. Hal inilah yang secara tidak langsung akan mengurangi jumlah produksi ASI anda.

Dijelaskan dalam situs tersebut, stress yang anda alami mungkin muncul karena anda baru pertama kali mengurus bayi dan harus mulai pula belajar menyusui bayi anda. Membiasakan diri anda dan bayi anda dalam hal menyusui membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, agar anda tidak stress, belajarlah menyusui bayi anda sedikit demi sedikit. Jangan anda selalu berpikir untuk segera ingin mahir menyusui agar stress tidak menyerang.

Dalam situs yang sama tersebut juga dituliskan bahwa ASI yang anda produksi akan bergantung pada seberapa banyak ASI yang dibutuhkan bayi anda. So, agar produksi ASI tetap lancar, cobalah untuk sering-sering memberikan ASI sebanyak yang bayi anda perlukan.

Jika anda memang mengalami masalah dalam hal menyusui, jangan segan-segan untuk meminta bantuan pada keluarga terdekat, pada dokter, atau banyak-banyak membaca buku panduan tentang cara memberi ASI yang benar.

Penulis: Alfi Suci D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading