Sukses

Parenting

ASI Eksklusif Cegah SIDS Hingga 73%

Ladies, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa memberikan ASI eksklusif mampu mencegah SIDs atau Sindrom Mati Mendadak pada bayi. Berikut laporannya, dikutip dari medicalnewstoday.com.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa menyusui bayi bisa mencegah mereka meninggal dalam tidur mereka. Sindrom ini disebut dengan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom mati mendadak.

SIDS banyak ditemukan pada bayi yang baru lahir. Biasanya, mereka meninggal dalam tidur tanpa diketahui penyebabnya.

Nah Ladies, menurut penelitian itu, SIDS bisa dicegah, lo. Dengan menyusui, kita menurunkan resiko SIDS pada bayi kita hingga 73%.

Bayi yang mengkonsumsi ASI sesuai dengan jadwal memiliki resiko 60% lebih rendah. Bayi yang menyusu ASI, namun terkekspos pada asap, status sosial ekonomi, dan posisi tidur bayi memiliki resiko 40% lebih rendah. Namun, pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki resiko 73% lebih rendah dibandingkan mereka semua.

Walaupun alasan mengenai penurunan jumlah resiko tersebut tidak jelas, namun ada beberapa teori. Bayi yang menyusu ASI memiliki resiko diare yang lebih rendah, dan memiliki resiko infeksi respirasi yang rendah juga. Sehingga mereka lebih tahan terhadap SIDS.

Tidak hanya itu; antibodi ibu yang disalurkan kepada bayi melalui ASI juga mampu mengurangi resiko SIDS, ujar Fern Hauck, seorang profesor dari University of Virginia.

Oleh sebab itu, WHO menyerukan agar para ibu memberikan ASI eksklusif untuk bayi mereka selama setidkanya 6 bulan awal kelahiran. Apakah Anda setuju dengan seruan WHO tersebut? Jangan, Ladies, karena akan lebih baik bila Anda memberikan ASI selama 2 tahun.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading