Sukses

Parenting

Hormon Yang Berperan Ketika Menyusui

Apakah anda adalah Ibu yang sedang menyusui? Tahukah anda hormon apa saja yang berperan membantu proses menyusui anda? Berikut adalah penjelasannya seperti dilansir oleh news-medical.net untuk memperkaya wawasan anda.

Terdapat beberapa hormon yang mengatur pembuatan dan proses keluarnya air susu anda. Yang perlu anda ketahui, keluarnya air susu adalah hasil kerja keras Ibu dan bayi. Berikut adalah hormon yang membantu produksi hingga keluarnya air susu anda yang mengandung zat-zat yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

1. Prolaktin.

Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitari di dalam otak yang bertanggung jawab untuk pembuatan air susu anda. Kadar hormon prolaktin ini akan semakin banyak seiring dengan seringnya bayi menyusu.

2. Oksitosin.

Hormon ini menyebabkan otot-otot kecil di sekitar payudara memeras air susu melalui kelenjar air susu. Kelenjar air susu ini memperbesar puting sebagai jalan keluarnya air susu ke mulut bayi. Selain itu, hormon oksitosin juga menyebabkan otot-otot uterus berkontraksi selama proses persalinan hingga proses persalinan berakhir. Sebelum proses persalinan, hormon ini membantu bayi keluar dari rahim Ibu kemudian setelah persalinan hormon oksitosin membantu rahim kembali ke ukurannya semula dan membantu mengurangi pendarahan pasca persalinan.

3. Kedua hormon prolaktin dan oksitosin membantu meningkatkan ikatan emosional Ibu dan bayi.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading