Sukses

Parenting

Ibu atau Bayi Jangan Sampai Tertidur Saat Menyusui

Apakah Ibu sedang mempersiapkan kelahiran adik bayi? Sekarang saatnya ibu juga memperbanyak informasi tentang menyusui. Salah satu informasinya pentingnya, seperti yang diulas livestrong.com, adalah jangan sampai tertidur saat menyusui.

Yang tidak boleh tertidur saat menyusui tidak hanya adik bayi saja, tapi Ibu juga. Seberapa lelahnya, setelah kerja atau mengurus rumah, usahakan agar tidak tertidur karena hal ini beresiko lho Bu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Foundation for the Study of Infant Death (FSID), tertidur itu tidak aman walaupun bayi sudah ada di kasur atau di kursi. Adik bayi bisa jatuh dan yang lebih parah bisa meninggal gara-gara terjepit dan sulit untuk bernafas.

Jika sedang di kasur, jangan tertidur karena Anda bisa saja menindihnya. Kalau tidak, adik bayi bisa terguling jika dipinggir kasur atau terjepit jika dia dekat dengan tembok. Hindari minum minuman beralkohol atau minum obat yang membuat ngantuk saat akan menyusui, karena bisa membuat Anda tertidur pulas tanpa sadar keadaan bayi.

Adik bayi juga jangan sampai tertidur saat disusui. Walaupun efeknya tidak sebegitu menakutkan seperti jika Ibu yang tertidur, tapi hal ini bisa jadi kebiasaan yang tidak baik. Membuatnya terbiasa untuk disusui dulu sebelum tidur siang atau malam.

Jika bayi tertidur coba gelitik kakinya pelan-pelan atau usap punggungnya. Lalu sodorkan jempolnya atau dot bayi, sebagai pengganti putting ibu, sebelum meletakkannya ke tempat tidur. Tapi kalau ia belum selesai minum susu, biarkan dulu ia menyelesaikannya.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading