Sukses

Parenting

Mengapa Bayi Perlu Dibuat Bersendawa?

Bersendawa merupakan hal yang sering dilakukan ketika seseorang merasa kenyang. Hal ini kerap dialami semua orang, termasuk bayi.

Berdasarkan situs www.babycentre.co.uk, bayi bersendawa untuk melepaskan udara yang terperangkap di perut mereka. Jika udara ini tidak dikeluarkan, gelembung udara ini akan membuat bayi anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, anda perlu membantu bayi anda bersendawa untuk memberi ruang lebih pada perutnya, sehingga bayi akan menyusu lebih lama.

Dijelaskan dalam situs yang sama, bayi yang diberi ASI pada umumnya lebih jarang perlu bersendawa daripada bayi yang diberi susu formula. Hal ini karena bayi yang diberi ASI langsung dari puting susu ibu cenderung lebih jarang menghirup udara ketika menyusu.

Kapan sebaiknya bayi dibuat bersendawa?

Waktu untuk bayi dibantu bersendawa berbeda-beda. Namun, dijelaskan dalam situs ini, sebaiknya anda mulai membantu bayi bersendawa ketika anda melihat bahwa bayi anda merasa tidak nyaman ketika sedang menyusu.

Tanda-tanda bayi merasa tidak nyaman yang tertulis dalam situs ini antara lain ketika bayi mulai sering bergerak ketika sedang menyusu atau ketika mereka tiba-tiba berhenti menyusu dan mulai menangis.

Dijelaskan pula bahwa anda hanya perlu membuat bayi anda bersendawa ketika bayi anda memang memerlukannya. Jadi, tidak perlu anda menyendawakan bayi ketika atau setelah menyusu jika bayi sudah merasa nyaman.

Ditambah lagi, semakin bayi bertambah umurnya (sekitar empat atau enam bulan), bayi anda akan lebih mahir dalam menyusu sehingga kebutuhan bersendawa juga akan berkurang.

Penulis: Alfi Suci D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading