Sukses

Parenting

Mengenal Penyebab Luka pada Puting Payudara II

Ladies sekalian, mengalami luka pada puting payudara merupakan suatu hal yang normal dialami hampir semua wanita menyusui. Meskipun begitu, anda juga tetap harus mengenali apa saja yang menjadi penyebabnya. Berikut adalah berbagai penyebab dari luka pada puting payudara yang dihimpun dari babycenter.com.

• Puting yang Tersumbat

Kulit tipis yang tumbuh di atas saluran ASI dapat menyebabkan puting anda tersumbat. Puting yang tersumbat akan menyebabkan ASI tidak dapat keluar sehingga menimbulkan luka pada puting. Jika anda menemukan sebuah titik putih atau kekuningan, maka segeralah pergi ke dokter untuk menghilangkan kulit yang menyumbat tersebut.

• Puting yang Melepuh

Riwayat herpes serta penggunaan beberapa salep saat menyusui dapat menyebabkan puting payudara anda melepuh yang menjadi salah satu penyebab luka pada puting. Jika anda menemukan kulit melepuh yang berwarna kekuningan hingga mengeluarkan darah serta menyebabkan nyeri saat menyusui, maka segerakan untuk berkonsultasi pada dokter.

• Vasopasm

Ketegangan pada aliran darah di dalam payudara dapat menyebabkan payudara anda menjadi pucat serta nyeri ketika menyusui. Sesudah menyusui biasanya payudara anda akan kembali ke warnanya semula. Namun, anda harus tetap berkonsultasi pada dokter agar luka pada puting dapat dihindari.

Oleh Lies Nureni

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading