Sukses

Parenting

Menyusui Tingkatkan Perkembangan Sensorik Anak

Bisa menyusui merupakan suatu anugerah tersendiri bagi seorang ibu. Dengan menyusui saja ibu sudah bisa menyajikan gizi yang seimbang untuk bayi seperti adanya kandungan kalori, protein, lemak dan nutrisi lainnya.

Menyusui bisa menjaga kesehatan adik bayi seperti mencegahnya terkena diare, infeksi telinga dan infeksi pernafasan. Selain itu, menyusui juga bisa meningkatkan perkembangan otak bayi dan menurunkan resiko kanker payudara bagi ibu menyusui.

Tahukah Ibu bahwa dengan menyusui Ibu juga bisa meningkatkan perkembangan sensorik dan kemampuan kognitif anak? Seperti yang dilansir livestrong.com, anak-anak yang minum ASI memiliki IQ lebih tinggi dari rata-rata, yaitu 7 poin diatas anak yang minum susu formula.

Hasil tersebut diambil dari penelitian yang dilakukan oleh National Academy of Sciences yang melibatkan 3.000 anak. Asam lemak yang terdapat dalam ASI-lah yang bisa meningkatkan perkembangan otak dan visual pada anak.

Selain itu, gerakan menghisap yang dilakukan berulang-ulang bisa membantu pembentukan rahang dan mulut bayi agar lebih sempurna. Menyusui juga membuat pertumbuhan lidah semakin sempurna. Dari situlah, perkembangan kecakapan bahasa anak terbentuk dan mencegah anak terkena sakit gigi.

Sangat banyak kan manfaat yang bisa didapat dari menyusui, Bu. Oleh karena itu, sebisa mungkin dukung program pro-ASI karena sudah terbukti manfaatnya bagi ibu dan bayi. Jika memang Ibu masih bisa mengeluarkan ASI, tidak perlu lagi repot beli susu formula.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading