Sukses

Parenting

Mitos Versus Fakta Tentang Diet Ibu Menyusui

Ketika Anda menyusui, pasti Anda beranggapan harus diet ketat dan tidak boleh makan ini dan itu. Memang ada kemungkinan makanan yang menjadi larangan terbukti membahayakan kondisi buah hati Anda.

Tetapi siapa tahu larangan tersebut hanyalah mitos yang hanya membuat Anda menderita selama menyusui. Babymed.com merangkum beberapa informasi mitos versus fakta terkait dengan makanan selama masa menyusui. Berikut ulasannya:

Mitos: Alkohol tidak aman

Fakta: Konsumsi alkohol tidak semata-mata buruk bagi kesehatan Anda dan bayi selama menyusui. Yang perlu Anda ingat adalah untuk menjaga porsinya serta menunggu waktu yang tepat.

Tunggulah selama dua jam setelah minum alkohol jika Anda ingin menyusui agar alkohol tidak menyalur pada air susu. Ingat, Anda hanya boleh menikmati satu porsi minuman beralkohol. Satu porsi setara dengan 12 ons bir, 5 ons anggur, atau 1,5 ons likuor.

Mitos: Kembalilah ke porsi makan normal

Fakta: Hal tersebut dianggap fakta karena Anda justru harus mengkonsumsi lebih banyak kalori dibanding ketika hamil. Untuk membantu proses produksi ASI, Anda perlu 500 kalori per hari, dibandingkan ketika hamil Anda hanya perlu 200-300 kalori tambahan sehari.

Mitos: Konsumsi kopi tidak lebih dari secangkir per hari

Fakta: Tidak perlu membatasi konsumsi kopi secangkir tiap harinya. Yang perlu Anda batasi adalah asupan kafein yang masuk dalam tubuh Anda.

Bisa saja Anda meminum lebih dari secangkir kopi setiap harinya, asal kadar kafeinnya berkisar antara 200 hingga 300mg per harinya. So, enjoy your cup of coffe!

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading