Sukses

Parenting

Normalkah Jika Ibu Menyusui Pusing?

Pernahkah Ibu merasa pusing saat masih menyusui? Ibu menyusui mungkin akan khawatir saat pusing menyerang. Untungnya pusing ini bisa dicegah dan diatasi.

Seperti yang dilansir livestrong.com, American Academy of Otolatyngology menjelaskan bahwa jika ibu hamil bangun setelah menyusui dari posisi miring maka kemungkinan ia bisa mengalami pusing. Dan jika pusing itu terasa sekitar 30 detik setelah ibu bangun, bisa jadi terkena vertigo ringan.

Ibu yang dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga bisa pusing, karena air yang cukup bisa mengakomodasi cairan dalam tubuh yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

Rendahnya kandungan gula darah pun juga bisa mengalami merasakan pusing. Hal ini dikarenakan, ibu menyusui biasanya mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuhnya sebelum hamil.

Infeksi telinga dan pilek, penyakit yang umum dialami bayi, juga bisa membuat ibu sakit karena tertular pilek yang menyebabkan pusing akibat pergantian tekanan pada telinga bagian dalam. Penyebab pusing lainnya yang dialami ibu menyusui antara lain alergi, cedera kepala, dan masalah jantung.

Kalau Anda pusing, tidak perlu minum obat macam-macam. Jika saat berdiri Anda pusing, peganglah suatu benda yang bisa menjaga agar Anda tidak jatuh, dan jangan menggendong bayi dulu. Selain itu, minumlah air putih setiap kali Anda menyusui dan saat terasa pusing. Makan sedikit cemilan ringan kaya protein dan karbohidrat juga bisa meredakan pusing.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggerakkan kaki maju mundur pada tepi ranjang saat bangun tidur dan bangun perlahan-lahan. Kurangi juga resiko terkena flu dengan mencuci tangan secara teratur agar tidak terkena bakteri.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading