Sukses

Parenting

Peran Ayah Dalam Menyusui

Menyusui adalah hak prerogative seorang ibu yang tidak bisa diganggu gugat. Well, tentu saja karena sang ayah tidak bisa menggantikan posisi ibu untuk menyusui si buah hati. Jika ayah ingin menjadi pahlawan, inilah saat yang tepat!

Bagi pasangan yang telah memutuskan agar sang ibu menyusui, kebanyakan ayah hanya akan melihat karena menganggap bahwa menyusui adalah tugas seorang wanita. Tapi siapa bilang ayah tidak memiliki tugas untuk dilakukan? Banyak aspek dalam menyusui yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh ibu dan memerlukan bantuan dari ayah lho.

Menurut healthychildren.org, berikut adalah beberapa tugas penting yang bisa dikerjakan oleh ayah untuk membantu ibu yang tengah menyusui:

1. Kunci utama dari menyusui adalah pemosisian. Agar air susu keluar deras dan ibu juga merasa nyaman saat menyusui, posisi buah hati Anda ketika menyusu merupakan kunci utamanya. Ketika bayi Anda tidak dalam posisi yang nyaman untuk menyusu, ayah yang baik akan bergegas untuk mengambilkan bantal untuk menambah rasa nyaman kedua orang tersayang.

2. Ambilkan air minum untuk ibu. Haus adalah satu dari beberapa efek prolactin. Saat sedang menyusui, ibu akan merasa haus. Satu lagi kesempatan ayah untuk menjadi pahlawan nih.

3. Jadi pahlawan! Yang dimaksud disini tentunya bukan melawan monster seperti yang ada dalam serial-serial superhero jepang Ladies. Namun, menyusui akan berjalan lebih baik saat ibu merasa nyaman dan menyenangi si buah hati. Yang bisa ayah lakukan? Pijat pundak ibu, setel musik yang bagus, bawakan cemilan untuk ibu, dan masih banyak lagi yang lain.

Oleh Sony Anshar

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading