Sukses

Parenting

Seputar Menyusui Bayi Adopsi

Apakah anda mengadopsi bayi dan khawatir tak bisa menyusui buah hati. Anda tak perlu khawatir anda tidak perlu hamil agar tubuh anda mampu memproduksi ASI. 

Menyusui anak adopsi bisa jadi sulit dan traumatik bagi anda dan bayi karena kalian tak memiliki hubungan darah sama sekali. Akan tetapi, anda bisa melakukannya secara bertahap untuk membangun rasa percaya. Dengan menyusui anak yang anda adopsi tersebut anda justru dapat semakin dekat dengannya.

Anda perlu menawarkan ASI anda dengan lembut, dan penuh kasih sayang. Menurut situs breastfeeding.asn.au, jangan terlalu berharap ia akan mau anda susui, mugkin perlu waktu beberapa bulan atau bahkan satu tahun agar ia siap untuk menyusu pada anda. Jangan pula memaksanya untuk segera menyusu pada anda jika memang ia belum ingin. Karena wajar jika ia merasa asing dan belum nyaman dengan anda. Saat ia siap, bisa saja ia yang kelak meminta ASI tanpa perlu anda tawarkan padanya. Hal tersebut ia lakukan untuk mencari rasa nyaman dan mempererat hubungan ibu anak di antara kalian.

Pada masa anda menyusui bayi yang anda adopsi, itu berarti anda memiliki interaksi dengan bayi tersebut baik secara fisik maupun melalui hormon yag disalurkan lewat ASI. Anda akan mampu membuat ia merasa nyaman dengan membangun rasa saling percaya.

Kegiatan menyusui ini juga tak hanya bisa memastikan kesehatan bayi saat ia tumbuh kelak tapi juga mendekatkan anda dan bayi sehingga serasa tak ada lagi kata adopsi, yang ada hanyalah ibu dan anak.

Jadi tak perlu khawatir jika anda memiliki bayi adopsi! Yuk, beri yang terbaik bagi siapa saja!

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading