Sukses

Parenting

Konsumsi Vitamin D Saat Hamil, Kurangi Risiko Obesitas Anak

Anggapan bahwa obesitas yang terjadi pada Bunda akan menurun ke anaknya adalah anggapan yang salah. Obesitas yang terjadi pada anak dipengaruhi oleh sistem hormonal anak itu sendiri yang dipengaruhi oleh nutrisi yang dia terima semasa di dalam kandungan. Oleh karena itu, di masa kehamilan, konsumsi vitamin D sangatlah penting. Penelitian terbaru menyatakan bahwa Bunda perlu mengonsumsi vitamin D yang cukup saat hamil untuk mengurangi resiko anak mengalami obesitas nantinya.

Menurut naturalnews.com, jika tingkat vitamin pada Bunda kurang dari 50 nmol/L membuat si anak nantinya rentan gemuk. Maka dari itu Bunda harus selalu mengecek kadar vitamin D yang dikonsumsi. Tingkat vitamin D yang dianjurkan pada Bunda saat hamil adalah 50 sampai dengan 75 nmol/L. Dampak lain dari kurangnya asupan vitamin D saat hamil adalah masalah pernapasan, kualitas plasenta, alergi, masalah pada tulang dan bahkan asma pada bayi.

Nyatanya, meskipun vitamin D memiliki peran penting dalam membentuk kehamilan yang sehat, banyak Bunda yang tidak menyadari hal ini dan mengabaikan konsumsi vitamin D. Bunda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengkonsumsi suplemen tambahan atau dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti berikut ini: susu, sereal, ikan salmon, telur, jus jeruk dan olahan kedelai seperti tempe tahu.

Atau Bunda bisa menjalankan cara hemat memperoleh manfaat vitamin D yakni dengan berjemur di pagi hari, karena sinar matahari pagi juga merupakan sumber vitamin D yang baik.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading