Sukses

Parenting

Pentingnya Zat Besi Pada Masa Kehamilan

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan sangatlah penting dilakukan. Salah satu jenis nutrisi tubuh yang penting terpenuhi selama anda mengandung adalah zat besi. Nah, apakah anda sudah paham akan peran zat besi bagi tubuh anda?

Berdasarkan penjelasan dalam situs kidshealth.org, zat besi erat hubungannya dengan sel darah merah. Tugas utama zat besi ini adalah dalam pembentukan hemogoblin. Bagi anda yang belum tahu, hemoglobin merupakan bagian dari sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen. Oksigen yang diangkut oleh hemoglobin ini akan diedarkan oleh sel darah merah ke seluruh tubuh.

Jika tubuh anda kekurangan zat besi, tubuh tidak akan mampu menghasilkan cukup sel darah merah. Berkurangnya sel darah merah akan berimbas pada kurangnya oksigen yang sangat dibutuhkan sel-sel dan organ tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Nah, terpenuhinya kebutuhan zat besi tubuh sangat penting, terutama bagi anda yang sedang mengandung. Hal ini karena anda yang sedang dalam masa kehamilan membutuhkan oksigen yang lebih banyak dari biasanya untuk anda dan bayi dalam kandungan.

Situs yang sama menjelaskan bahwa zat besi yang terkandung dalam daging ternyata jauh lebih mudah diserap tubuh daripada zat besi yang terkandung dalam sayuran atau buah-buahan.

Zat besi yang penting ini banyak ditemukan dalam daging yang berwarna merah, ikan salmon, telur, tahu, kacang-kacangan dan buah-buahan yang dikeringkan, sayuran berwarna hijau gelap, dan masih banyak lagi.

Oleh: Alfi Suci D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading